Press release adalah tempat untuk memberikan
info – info, berita, ataupun kegiatan – kegiatan yang lainnya melalui siaran pers, media rilis, pernyataan pers atau rilis
video adalah komunikasi tertulis atau direkam diarahkan pada anggota media
berita untuk tujuan mengumumkan sesuatu seolah-olah berita. Biasanya,
mereka dikirim, fax, atau e-mail ke editor penugasan di surat kabar, majalah,
stasiun radio, stasiun televisi, atau jaringan televisi.
Beberapa elemen struktur umum termasuk:
Tom
Kelleher menyatakan dalam bukunya, Public Relations Online: Konsep Abadi untuk
Mengubah Media, bahwa "mengingat bahwa publik berita-driven Anda termasuk
wartawan bonafide serta orang lain yang membaca dan melaporkan berita online,
siaran pers istilah tampaknya bekerja lebih baik secara online dari
siaran pers ". Fraser Seitel juga mengacu pada siaran pers sebagai,
"kakek PR menulis kendaraan." Website
telah mengubah cara siaran pers yang disampaikan. Komersial,
jasa fee-based press release distribusi, seperti layanan berita kawat, atau
layanan website gratis co-ada, membuat distribusi berita lebih terjangkau dan
meratakan lapangan bermain untuk usaha kecil. Website seperti memegang
repositori siaran pers dan mengaku membuat berita perusahaan lebih menonjol di
web dan dapat dicari melalui mesin pencari utama.
Penggunaan
siaran pers umum di bidang public relations (PR). Biasanya,
tujuannya adalah untuk menarik perhatian media yang menguntungkan untuk klien
PR profesional dan / atau memberikan publisitas untuk produk atau peristiwa
dipasarkan oleh klien-klien. Siaran pers menyediakan wartawan dengan subsidi
informasi yang berisi dasar-dasar yang diperlukan untuk mengembangkan berita.
Siaran pers dapat mengumumkan berbagai berita, seperti acara-acara terjadwal,
promosi pribadi, penghargaan, produk dan layanan baru, penjualan dan data
keuangan lainnya, prestasi, dll Mereka sering digunakan dalam menghasilkan
cerita fitur atau dikirim untuk tujuan konferensi pers mengumumkan, acara
mendatang atau perubahan dalam perusahaan. Penggunaan kritis atau berlebihan
dari siaran pers oleh wartawan telah dijuluki churnalism.
Sebuah
pernyataan pers adalah informasi yang diberikan kepada wartawan. Ini
adalah pengumuman resmi atau rekening suatu berita yang khusus disiapkan dan
dikeluarkan untuk surat kabar dan media berita lainnya bagi mereka untuk
membuat dikenal masyarakat.
Contents
Ø Origins
Ø Elemen
Ø Model Distribusi
Origins
Artikel
New York Times menerbitkan verbatim dari siaran pers Ivy Lee Rilis ivy Lee
seperti yang muncul dalam The New York Times pada tahun 1906
Yang pertama siaran pers yang modern diciptakan oleh Ivy
Lee, lembaga Lee bekerja dengan Railroad Pennsylvania pada
saat Atlantic City kecelakaan kereta api 1906.. Ivy Lee dan perusahaan
berkolaborasi untuk menerbitkan siaran pers pertama langsung kepada wartawan,
sebelum versi lain dari cerita, atau pengandaian, dapat menyebar di antara mereka
dan dilaporkan. Dia menggunakan siaran pers, selain mengundang wartawan dan
fotografer untuk adegan sebagai sarana pembinaan komunikasi terbuka dengan
media.
Public
relations pelopor Edward Bernays kemudian disempurnakan penciptaan dan
penggunaan siaran pers.
Elemen
Secara teknis, apa sengaja dikirim ke wartawan atau sumber media dianggap siaran pers itu adalah informasi yang dirilis oleh tindakan yang dikirim ke media. Namun, PR profesional sering mengikuti format standar yang mereka percaya adalah efisien dan meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan publisitas yang mereka inginkan. Format ini seharusnya membantu wartawan siaran pers terpisah dari metode komunikasi PR lainnya, seperti surat lapangan atau advisories media. Umumnya, tubuh PR terdiri dari 4 sampai 5 paragraf dengan batas kata antara 400 sampai 500.
Secara teknis, apa sengaja dikirim ke wartawan atau sumber media dianggap siaran pers itu adalah informasi yang dirilis oleh tindakan yang dikirim ke media. Namun, PR profesional sering mengikuti format standar yang mereka percaya adalah efisien dan meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan publisitas yang mereka inginkan. Format ini seharusnya membantu wartawan siaran pers terpisah dari metode komunikasi PR lainnya, seperti surat lapangan atau advisories media. Umumnya, tubuh PR terdiri dari 4 sampai 5 paragraf dengan batas kata antara 400 sampai 500.
Beberapa elemen struktur umum termasuk:
Ø Headline - digunakan untuk menarik perhatian wartawan dan
singkat meringkas berita
Ø Dateline - berisi tanggal rilis dan biasanya kota yang
berasal dari siaran pers
Jika
tanggal yang Tercantum adalah setelah
tanggal bahwa informasi itu benar-benar dikirim ke media, maka pengirim meminta
embargo berita, wartawan yang berada di bawah kewajiban untuk menghormati.
Pendahuluan - paragraf pertama dalam siaran pers, yang umumnya memberikan
jawaban dasar untuk pertanyaan tentang siapa, apa, kapan, dimana dan mengapa.
Butuh penjelasan lebih lanjut, statistik,
latar belakang, atau detail lainnya yang relevan dengan berita. Boilerplate -
umumnya pendek "tentang" bagian, memberikan latar belakang independen
terhadap perusahaan penerbit, organisasi, atau individu. Tutup - di Amerika
Utara, secara tradisional simbol "-30 -" muncul setelah boilerplate
atau badan dan sebelum informasi kontak media, menunjukkan kepada media bahwa
pembebasan telah berakhir. Sebuah setara lebih modern telah menjadi
simbol. Di negara lain, cara lain untuk menunjukkan akhir rilis dapat
digunakan, seperti kata "berakhir". Media informasi kontak -
nama, nomor telepon, alamat email, alamat surat, atau informasi kontak lainnya
untuk PR atau media relations contact person lainnya.
Seperti Internet telah diasumsikan tumbuh menonjol dalam siklus berita, press release gaya penulisan telah berkembang tentu. Editor newsletter online, misalnya, sering kekurangan staf untuk mengkonversi siaran pers tradisional prosa menjadi lebih mudah dibaca, siap cetak copy. Siaran pers hari ini karena itu sering ditulis sebagai artikel jadi yang memberikan lebih dari sekedar fakta telanjang. Sebuah gaya, Format jurnalistik bersama dengan mungkin alur cerita yang provokatif dan kutipan dari kepala sekolah dapat membantu memastikan distribusi yang lebih luas di antara internet hanya publikasi mencari bahan yang cocok.
Seperti Internet telah diasumsikan tumbuh menonjol dalam siklus berita, press release gaya penulisan telah berkembang tentu. Editor newsletter online, misalnya, sering kekurangan staf untuk mengkonversi siaran pers tradisional prosa menjadi lebih mudah dibaca, siap cetak copy. Siaran pers hari ini karena itu sering ditulis sebagai artikel jadi yang memberikan lebih dari sekedar fakta telanjang. Sebuah gaya, Format jurnalistik bersama dengan mungkin alur cerita yang provokatif dan kutipan dari kepala sekolah dapat membantu memastikan distribusi yang lebih luas di antara internet hanya publikasi mencari bahan yang cocok.
Model Distribusi
Dalam
model distribusi tradisional, bisnis, kampanye politik, atau melepaskan
informasi entitas lain kepada media menyewa agen publisitas untuk menulis dan
mendistribusikan informasi tertulis kepada Newswires dan jaringan lain dari
wartawan. Dalam model ini, bisnis ini pada akhirnya bertanggung
jawab untuk kedua penciptaan konten dan keputusan untuk mendistribusikannya,
yang membuat siaran pers yang diterbitkan sendiri. Namun, dalam industri,
siaran pers diri diterbitkan adalah do-it-yourself melepaskan yang melewati
jaringan distribusi Newswire mahal. Dalam pendekatan ini, yang populer dengan
banyak bisnis yang sangat besar dan hampir universal di antara organisasi kecil
hanya mencari perhatian media lokal, tenaga pemasaran bisnis sendiri menulis
press release dan mengirimkannya langsung ke pilihan mereka surat kabar atau
media lainnya pakaian. Meski sebelumnya dilakukan dalam skala kecil oleh
individu atau mengirimkan fax pengumuman ke sejumlah kecil media lokal,
pendekatan ini sekarang cenderung mengandalkan e-mail dan distribusi web.
Beberapa model hybrid juga ada, yang membayar untuk distribusi melalui jaringan
didirikan, tetapi jika tidak mengikuti model do-it-yourself.
Contoh Press
Release Green Day
Dalam rangka untuk menjadi bagian kebanggaaan
masyarakat Garut, Green Life akan mengadakan Green day (kegiatan pelestarian
linkungan) yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 29 januari 2012 sebagai
upaya pengurangan limbah dan sampah di lingkungan Garut. Lokasi kegiatan ini
akan dilakukan dari alun - alun Garut yang akan dimulai dari pukul 08.00 -
15.00 WIB. Dalam acara tersebut juga ada berupa acara lomba jalan santai,
hiburan musik, dan kumpul komunitas yang ada di daerah Garut.
Sebetulnya kegiatan pelestarian lingkungan
sudah sering dilakukan oleh warga Garut, Namun sayang keberadaan sampah dan
limbah tak terpakai masih tetap menjadi masalah.Kegiatan awal yang akan
dilakukan oleh Green Life adalah mengkomunikasikan kembali tentang pelestarian
lingkungan kapada masyarakat agar kesadaran akan pentingnya acara-acara seperti
ini untuk dilakukan.
Selain itu Green Life juga akan mengajak
pihak - pihak terkait seperti SKDP Garut, polhut Garut, satlantas Garut, radio,
dan komunitas yang ada di Garut untuk ikut serta berpartisipasi di acara ini
bukan hanya pada awal kagiatan saja tetapi juga diharapkan memiliki tanggung
jawab dan kesadaran pada acara selanjutnya.
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteSangat berbagi. Saat ini kita sedang mempelajari bagaimana langkah membuat Backlinks Berkualitas Untuk sebuah Blog, ternyata ada disitu yang kurang klita pahami yaitu press release, ketika cari di google ditujukan ke alamat ini. Terima kasih sudah berbagi.
ReplyDeleteBy Kurniawan