Komputer akan terus dan lebih berkembang dengan pesat, dibandingkan dengan bidang - bidang yang lain, disini penulis akan menjelaskan sub - sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer. bagi anda yang ingin banyak lebih tahu silahkan baca artikel saya dibawah?
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga
sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan computer:
1) Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan
dengan bentuk fisik dari mesin.
2) Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
3) Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana
hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan
manusia dengan komputer.
bagi para
perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga
memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa aspek
yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
1) Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan
sebuah antarmuka.
2) Metode implementasi antarmuka.
3) Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
4) Pengembangan antarmuka baru.
Mengembangkan
sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
Contoh :
dalam
interaksi manusia dengan komputer terdapat beberapa panca indera digunakan
untuk dapat berinteraksi: Manusia mewujudkan fisiologi yang diperlukan untuk
menyerap informasi dalam bentuk suara. Sama seperti mata dapat melihat berbagai
variasi cahaya - rona, briteness, kontras - telinga mampu pengindraan array yang
luas dari suara melalui perubahan timbre, kenyaringan, dan pitch. Pikiran
kemudian dapat mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek, atau gagasan
abstrak. Paling sering, suara-sebagai-informasi ada sebagai pidato atau musik,
dan memang ini akan terus di Internet. Audio konten juga umumnya dihasilkan
oleh mesin untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini juga akan terus di
Internet.
Contoh: Dalam
sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari Elektrokardiograf (EKG) berbunyi 'bip'
dalam irama ke jantung; pager alert wanita di sebuah sudut jalan, telegraf
memancarkan klik merata-spasi dalam kode morse. Semua ini adalah contoh
menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin dalam rangka
berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk komunikasi
dominan, suara memainkan peran penting dalam hidup kita.
8 aturan emas
desain antarmuka
Ø Upayakan untuk konsistensi.
o urutan tindakan yang konsisten harus diminta dalam
situasi yang mirip.
o terminologi identik harus digunakan pada prompt, menu,
dan membantu layar.
o warna yang konsisten, tata letak, kapitalisasi, font, dan
sebagainya harus digunakan seluruhnya.
Ø Memungkinkan pengguna sering untuk menggunakan jalan
pintas
o untuk meningkatkan laju singkatan menggunakan interaksi,
tombol khusus, perintah tersembunyi, dan makro.
Ø Penawaran informatif umpan balik
o untuk setiap tindakan pengguna, sistem harus merespon
dalam beberapa cara (dalam desain web, hal ini dapat dicapai dengan
o DHTM - misalnya, tombol akan membuat suara klik atau
mengubah warna saat diklik untuk menampilkan sesuatu yang pengguna telah
terjadi).
Ø Desain dialog untuk menghasilkan penutupan.
o Urutan tindakan harus diatur ke dalam kelompok dengan
awal, tengah, dan akhir. Umpan balik yang informatif pada penyelesaian
sekelompok pengguna tindakan menunjukkan aktivitas mereka telah selesai dengan
sukses.
Ø Penawaran kesalahan pencegahan dan penanganan kesalahan
sederhana.
o desain bentuk sehingga pengguna tidak dapat membuat
kesalahan serius, misalnya, lebih memilih pilihan menu untuk membentuk mengisi
dan tidak mengizinkan karakter abjad di bidang ent.
o jika pengguna melakukan kesalahan, instruksi harus
ditulis untuk mendeteksi kesalahan dan menawarkan instruksi sederhana,
konstruktif, dan khusus untuk pemulihan.
o segmen panjang formulir dan mengirimkan bagian terpisah,
sehingga pengguna tidak dikenakan sanksi karena harus mengisi formulir lagi -
tapi pastikan Anda menginformasikan kepada user bahwa beberapa bagian yang
datang
Ø Izin tindakan pemulihan.
Ø Dukungan internal lokus kontrol
o Pengguna yang berpengalaman ingin bertanggung jawab.
Mengejutkan sistem tindakan, urutan membosankan data, ketidakmampuan untuk
memasukan atau kesulitan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan, dan
ketidakmampuan untuk menghasilkan tindakan yang diinginkan semua membangun
kecemasan dan ketidakpuasan.
Ø Kurangi beban memori jangka pendek.
o Sebuah studi menunjukkan bahwa manusia terkenal dapat
menyimpan hanya 7 buah (plus atau minus 2) informasi dalam memori jangka pendek
mereka. Anda dapat mengurangi beban memori jangka pendek dengan merancang layar
di mana pilihan yang jelas terlihat, atau menggunakan pull-down menu dan ikon.
Media
antarmuka manusia dan komputer
Ø Media Tekstual
Adalah ”bentuk
sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi
teks dan kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer
berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan
writeln.
Ø Media GUI (Graphical User Interface)
Adalah ”bentuk
dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan
sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis
menggunakan pemrograman visual (Visual basic, Visual fokpro, Delphi dan
lain-lain).
Tujuan
interaksi manusia dengan komputer
Ø Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia
& komputer :
untuk
mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai
umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer
yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user
friendly).
Ø Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang
pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan.
Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras
sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh
diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi
Manusia dan Komputer.
Kita butuh
Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan
suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak
membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
Interaksi
manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah
disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang
meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer
agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling
efisien untuk merancang pesan elektronik . Sedangkan interaksi manusia dan
komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan
oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan
masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang
diharapkan.
Sistem harus
sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia
sebagai pemakai.
0 comments:
Post a Comment