Tuesday 14 May 2013

Bagi orang yang akan memulai memelihara ayam serama, mungkin sulit membedakan antara ayam Serama dengan ayam kate. Kedua ayam ini memiliki badan yang sama-sama kecil. Kalau kita perhatikan lebih seksama maka kita akan dapat membedakan kedua ayam ini. Disini Penulis akan memberikan ciri-ciri ayam serama agar jangan salah membeli. Ayam Serama memiliki badan yang mungil sekali, beratnya tidak sampai 500 gram atau setengah kilo, tinggi ayam serama kurang lebih hanya sejengkal tangan orang dewasa, kaki ayam pendek dan tidak berbulu. Pialnya berbentuk tunggal atau single berwarna merah darah tunggal dan si Jantan memiliki pial yang lebih besar daripada yang betina. Jenggernya juga mengantung dua dibawah, pada gelambir telinganya terkadang ada warna putih. Ayam Serama tegak dan kadang-kadang badannya seperti tegak lurus karena jarak antara leher dan ekor sangat sempit. Ekornya melengkung seperti halnya ayam pada umumnya, namun ada juga sedikit yang tegak keatas. Ekor yang baik untuk ayam serama adalah yang melengkung. Sayapnya menjuntai kebawah dan hampir menyentuh tanah, sayapnya menutup sebagian kaki. Dada serama membusung dan kadang tegak, bahkan pada anakan ayam Serama dadanya sudah tegak. Penampilan dan gaya ayam serama ini mirip dengan orang yang sombong atau orang yang lagi punya uang yakni, membusungkan dada sambil petentang-petenteng. Kalau jalan ayam ini nampak sombong. Kepalanya seperti tertarik ke belakang, bentuk leher seperti huruf S. Bulu ayam Serama beraneka warna seperti putih, hitam, merah, jalak, wido, blorok dan lain-lain. Warna yang jarang dijumpai adalah serama hitam. Warna ayam serama akan menentukan keindahan dari ayam tersebut.

Tentang Ayam serama:
O Dipercaya berasal dari malaysia kelantan
O hasil persilangan dari berbagai jenis ayam
O Serama namanya berasal dari Sri Rama dan pada awalnya hewan-hewan ini dipelihara hanya di kalangan istana sendiri.
O Dapat hidup sampai 15 tahun
O Di bawah berat badan ideal adalah 400 gram atau 0,4 kilogram.
O Serama suatu sifat yang baik adalah ekornya yang indah, sayap tegak lurus ke bawah dada.
O Sebuah hewan peliharaan jinak, manja dan pemeliharaan di.
O Memiliki tanda-tanda bunga seperti berjalan mundur ke belakang.

Meskipun berperawakan kerdil, burung-burung ini tidak pernah tidak aman. Dia senang dengan gaya dan tidak ada lawan ragu berkokok lantang. Serama diklaim sebagai ras ayam terkecil di dunia. Kate adalah asumsi bahwa jenis terkecil dari ayam tampaknya usang dan tidak berlaku lagi. Sekarang ada serama. Ras ayam terkecil di dunia. Semakin kecil ukuran tubuh, semakin baik kualitasnya. Serama berat tidak lebih dari 500 gram. Meskipun bertubuh cebol, ia bukan ayam murahan. Serama berkualitas bisa dibawa jika Anda bisa meminangnya dengan uang sebesar Rp 25 juta - Rp 30 juta. Serama berkualitas ditentukan oleh berat ringan, bentuk leher menyerupai huruf S, jauh lebih tertarik terhadap bagian belakang kepala, sayap menggantung ke bawah tegak lurus, dan pedang panjang ekor dan berdiri tegak. Karakteristik fisik seperti membuat tampilan ayam serama seperti tegap berbaris tentara. Beda dengan kate, terlihat berjalan jika serama kepala (mendekati) ekor, bukan sebaliknya. Idealnya dada kedepan membengkak. jika tubuh pun tidak terlihat profesional. (tidak terkesan cebol). Perbandingan akan sulit untuk menjelaskan.
PENILAIAN AYAM SERAMA :
O Jenis - Ciri utama ialah kepala melunjur ke belakang, bahagian belakang pendek, kepak menegak dan ekor panjang, penuh dan apabila berkembang, tidak menyentuh balung. Kedudukan tengah mata sama dengan kedudukan tengah kaki ketika berdiri.
O Perwatakan - Kelihatan gagah, berani dan yakin. Lagak suka menonjol seperti berkokok dan suka berdiri.
O Ekor - Saiz besar, menegak dan tinggi. Bulu pelepah ekor utama panjang, melentik di penghujung dan berkembang seperti bentuk V. Lawi (ayam jantan) menegak 90 darjah dan sedikit melentik ke belakang di penghujung.
O Kepak - Ketika berdiri, kepak ayam dalam posisi menegak tetapi sedikit menghala ke belakang. Hujung kepak bersentuhan sedikit dengan lantai.
O Badan - Tegap dan bulat. Dada ayam lebih luas dari bahagian belakang apabila dilihat dari atas. Dari tepi, badan berbentuk V. Belakang ayam pendek dan lebar di bahagian bahu.
O Kaki - Tidak begitu rapat dan selari. Panjang sederhana dan seimbang dengan saiz kepak. Paha berotot dan sederhana panjang. Taji di bahagian tengah betis, keras, kecil dan menghala ke belakang kaki.





Categories:

6 comments:

  1. saya juga hobi ayam serama.. kalau cara memijahkannya gimana ya...???
    DOWNLOAD CONTOH SOAL DAN JAWABAN PSIKOTES

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat ilmunya,ini mungkin bisa membantu teman2 yang baru pemula termasuk saya...
    baca juga
    cara melatih ayam serama Berdiri Tegak

    ReplyDelete
  5. Harga untuk anakan sampek brapa om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga untuk ayam serama yang berumur 1 bulan Rp.160.000

      Delete