Monday 13 May 2013



Pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai Fuzzy Logic Controll, namun pada artikel kali ini penulis akan menggunakan METODE MAMDANI. Secara Prinsip metode Mamdani tidak jauh berbeda dengan metode Tsukamoto, hanya aja dalam metode Mamdani memiliki langkah penyelesaian yang lebih rumit. Dalam Metode Mamdani, terdapat 4 langkah penyelesaian, yaitu:
1. Fuzzyfikasi, pembentukan himpunan fuzzy.
2. Aplikasi Fungsi Implikasi, dalam metode Mamdani fungsi implikasi yang digunakan adalah MIN.
3. Komposisi Aturan, terdapat 3 metode: yaitu, MAX, SUM, PROBOR, misalnya jika kita menggunakan komposisi aturan MAX dan menggunakan fungsi implikasi MIN, maka komposisi ini disebut MIN-MAX, MAX-MIN, atau MAMDANI.
4. Defuzzyfikasi
Defuzzifikasi dapat didefinisikan sebagai proses pengubahan besaran fuzzy yang disajikan dalam bentuk himpunan-himpunan fuzzy keluaran dengan fungsi keanggotaannya untuk mendapatkan kembali bentuk tegasnya (crisp). Hal ini diperlukan sebab dalam aplikasi nyata yang dibutuhkan adalah  nilai tegas (crisp).
Anda masih penasaran bagaimana cara penyelesaian dari metode Mamdani ini, disini penulis menyediakan informasi dari penyelesaian metode Mamdani, klik disini LOGIKA FUZZI MENGGUNAKAN METODE MAMDANI
Categories:

0 comments:

Post a Comment