Wednesday, 1 May 2013


Kombinasi yang menarik antara media masa dan humas dengan menjalin hubungan yang komparatif untuk memelihara agar tidak terjadi kesalah pahaman untuk dapat saling mempercayai. Di bawah ini penulis akan menjelaskan beberapa hubungan antara media masa, humas dan public relations (PR).

Di jaman sekarang segala sesuatu harus melibatkan Media Massa, tidak kecuali seorang Public relations (PR) yang menggunakan media masa untuk keberadaan suatu perusahaan.maka dari itu public relations di tuntut untuk merangkul media massa agar Perusahaan itu dapat di percayai semua orang.maka dari Public Reletion harus mempunyai timbal balik dari media,banyak manfaat jika menjalin hubungan khusus dengan media massa yang senantiasa mempublikasikan setiap ada agenda yang di adakan oleh perusahaan tugas humas dan fungsi humas adalah tugas humas adalah mengumpulkan data atau mengumpulkan informasi kuantitatif dan kualitatif untuk di ungkapkan kepada Media massa dan berfungsi menyampaikan keunggulan sebuah produk maupun jasa yang di tawarkan oleh perusahaan ke pada semua masyarakat,yang di harapkan bisa membentuk kepercayaan terhadap sasaranya.agar perusahaan tersebut bisa terealisir maka dari itu harus merangkul dan berhubungan baik dengan Media massa.keuntungan menjalin hubungan baik dengan media massa adalah berdampak positif yang meningkatkan produk perusahaan yang di tawarkan kepada masyarakat.karena saat ini masyarakat cenderung cerdas dan selektif dalam menilai sebuah iklan,maka dari itu perusahaan akan mengandalkan kinerja seorang humas.maka dari itu untuk membentuk suatu citra yang baik adalah dengan menerapkan sebuah konsep public relations dengan media massa agar produk bisa di publikasikan kepada masyarakat agar masyarakat mengenali produk tersebut.untuk pembentukan citra yang positif di butuhkan kejelian menata konsep dari PR dalam meluluhkan media massa.seorang Public relations harus pandai untuk memanfaatkan media masa untuk mengiklankan produk yang di tawarkan oleh perusahaan karena dengan cara ini di anggap cukup efektif dalam menyampaikan informasi,siaran pers berhubungan denga media untuk di sampaikan kepada masyarakat melalui media elek tronik,seorang public relations harus mengajak awak media berwisata yang menyejukkan agar penyampaian informasi – informasi bisa di cernah oleh media massa.peran media massa befungsi untuk penyambung lidah ke pada masyarakat dan memperoleh keuntungan bagi perusahaan tersebut. Sebagai bagaian dari Menejemen Perusahaan maka seorang Public Relations harus pandai bisa menjaga hubungan baik dengan semua media dan bisa memperkenalkan citra yang baikl kepada masyarakat.Public relations bertujuan untuk mendapatkan penilaian serta jasa kepada masyarakat.Berusaha menjadi sarana pembelaan diri terhadap nilai negative saat menerima serangan terhadap pihak luar.public relations wajib untuk memperkenalkan produk barunya dan berusaha untuk mempengaruhi masyarakat.dan dari pihak internal public relations wajib untuk memberikan kejelasan tujuan dari setiap kebijakan tersebut agar semua terpangil untuk turut ikut mensuksekan progam perusahaan dan visi yang akan memakai produk yang baru.selain itu public relations juga mempunyai tugas yang berat yaitu pengertian masyarakat,mendapat kepercayaan dari masyarakat,mendapat dukungan dari masyarakat dan yang paling penting adalah bekerja sama dengan masyarakat,maka dari itu seorang public relations harus pandai untuk menjaga hubungan dengan masyarakat dan tidak mengecewakan masyarakat terutama dengan media massa karena media massa berfungsi untuk membantu memperkenalkan produk baru kepada masyarakat.seorang public relations harus mempunyai reputasi yang baik agar perusahaan bisa mempercayai tugas dari public relations.dan bisa mendapat kepercayaan dari para donatur.seorang public relations juga di tuntut untuk mengerti tingkah laku seorang konsumen,karyawan dan media yang juga ikut bagian dari dekripsi kerjanya.untuk meningkatkat komunikasi seorang public relations harus membangun dan memelihara hubungan yang komparatif. seorang Public relations tidak bisa lepas dari media massa karena public relations menginginkan citra yang baik karena kemampuan media massa dapat mempengarui masyarakat,bisa dikatakan bahwa pesan yang di sampaikan dalam media adalah elemen fendumental dalam pekerjaan public relations,Media massa mempunyai tujuan tertentu tidak bisa selamanya media massa bersahabat dengan public relations media massa bisa menjatuhkan nama baik dari seorang public relations maka dari itu seorang public relations harus bisa menjaga perasaan media massa dan selalu mengasih fasilitas bagi media massa ssat berkunjung di perusahaan,public relations dengan media massa harus mengakui bahwa media massa dengan public relations saling bergantungan satu sama lain,dimana seorang public relations sebagai sumber berita media massa,selain itu media massa juga sarana yang tepat untuk menyampaikan pesan.meskipun media massa denga public relations tidak memiliki setiap kepuasan sendiri mereka tetap menjadi suatu ikatan dan saling bergantungan,inilah yang mendorong kinerja seorang public relations untuk memanfaatkan seorang media massa.kegiatan dari public relations ini agar bisa mendapatkan keuntungan dua belah pihak,dan membangun suatu kepercayaan satu sama lain.dan tidak ada lagi seorang public relations untuk memperalat seorang media massa dan membohongi kepada semua masyarakat,walaupun seorang public relations harus menjaga hubungan yang harmonis kepada media massa,tetap saja perusahaan tersebut ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam usaha ini terutama untuk mendapatkan publisitas seluas-luasnya mengenai kegiatan serta langkah perusahaan yang di anggap baik untuk di lihat masyarakat,namun kelemahanya adalah tidak semua informasi mengenai konsep kegiatan bisa di muat oleh media massa.karena standart yang di gunakan oleh wartawan sangat berbeda,karena seorang public relations hanya memperkenalkan lembaga-lembaga perusahaan dan sealin itu seorang media massa mempunyai harapan-harapan tertentu.seorang media massa mengharapkan dari seorang public relations untuk jujur dan tidak ada yang di tutupi,seorang media massa tidak suka nertele-tele dalam menyampaikan sesuatu.maka dari itu seorang public relations menjalankan pendekatan kepada media yaitu menympan semua file yang mengudang media massa untuk di publikasikan,tempatkan seorang public relations bagi seorang media massa,mencari nilai berita yang ingin di sampaikan kepada media massa,dan mencari orang ketiga dan mendapatkan kometar saat berita itu di umumkan,selalu memilih berita yang relevlan dan tidak menyimpang yang lainya.seorang public relations mengatur dan mengumpulkan progam-progam untuk menjaga agar tetap memihak kepada perusahaan tersebut,selain itu wartawan menyukai eksklusitas,wartawan sering mendapatkan berita yang eksklusif maka dari itu wartawan bisa menyamar menjadi masyarakat,wartawan juga ingin menjaga hubungan yang mesra,maka dari itu wartawan tidak mempublikasikan pribadi seorang public relations karena wartawan bisa memilih mana berita yang baik dan mana yang bukan berita terbaik.selain itu wartawan juga di kejar waktu,karena wartawan harus menyerahkan ke pada editor dan laporanya agar bisa di proses yang menunjukan bahwa garis kematian yang mengatakan bahwa bisa menurunkan berita atau tidak mendapatkan berita sama sekali,maka dari itu seorang wartawan harus jeli saat mewawancarai nara sumber agar tidak melakukan kesalahan wartawan harus bertanya-tanya kepada nara sumber yang masih belum jelas,atau meminta kejelasan.media massa akan senang jika yang menjadi pembicara adalah seorang pimpinan karena akan banyak sekali yang di tulis oleh para wartawan tentang perusahaan tersebut dan kerja sama dengan siapa,hobi,visi dan misi perusahaan tersebut,maka dari itu seorang public relations harus bisa mengajarkan bagaimana pemimpin bisa bertemu secara langsung kepada media massa atau wartawan,agar tidak terjadi kesalahan yang di buat oleh pemimpin tersebut.public relations juga berfungsi untuk mengatur pertemuan dengan pers public relations harus pandai melakukan situasi yang nyaman untuk para wartawan.public relations di tuntut untuk menyusun strategi wawancara agar wawancara tersebut menjadi relevan dan tidak menyimpang kemana-mana.untuk membangun reputasi yang baik public relations bersiap untuk menyediakan materi-materi yang akurat di mana saja dan kapan saja hal itu sangat di butuhkan,agar nara sumber bisa di percya dan akurat oleh media massa.membangun hubungan personal yang kokoh dan positif maka dari itu di butuhkan saling kejujuran,kerjasama dan yang paling penting saling menghormati satu sama lain.



Categories:

0 comments:

Post a Comment