
Di jaman sekarang segala sesuatu harus
melibatkan Media Massa, tidak kecuali seorang Public relations (PR) yang
menggunakan media masa untuk keberadaan suatu perusahaan.maka dari itu public
relations di tuntut untuk merangkul media massa agar Perusahaan itu dapat di
percayai semua orang.maka dari Public Reletion harus mempunyai timbal balik
dari media,banyak manfaat jika menjalin hubungan khusus dengan media massa yang
senantiasa mempublikasikan setiap ada agenda yang di adakan oleh perusahaan
tugas humas dan fungsi humas adalah tugas humas adalah mengumpulkan data atau
mengumpulkan informasi kuantitatif dan kualitatif untuk di ungkapkan kepada
Media massa dan berfungsi menyampaikan keunggulan sebuah produk maupun jasa
yang di tawarkan oleh perusahaan ke pada semua masyarakat,yang di harapkan bisa
membentuk kepercayaan terhadap sasaranya.agar perusahaan tersebut bisa
terealisir maka dari itu harus merangkul dan berhubungan baik dengan Media
massa.keuntungan menjalin hubungan baik dengan media massa adalah berdampak
positif yang meningkatkan produk perusahaan yang di tawarkan kepada
masyarakat.karena saat ini masyarakat cenderung cerdas dan selektif dalam
menilai sebuah iklan,maka dari itu perusahaan akan mengandalkan kinerja seorang
humas.maka dari itu untuk membentuk suatu citra yang baik adalah dengan
menerapkan sebuah konsep public relations dengan media massa agar produk bisa
di publikasikan kepada masyarakat agar masyarakat mengenali produk
tersebut.untuk pembentukan citra yang positif di butuhkan kejelian menata
konsep dari PR dalam meluluhkan media massa.seorang Public relations harus
pandai untuk memanfaatkan media masa untuk mengiklankan produk yang di tawarkan
oleh perusahaan karena dengan cara ini di anggap cukup efektif dalam
menyampaikan informasi,siaran pers berhubungan denga media untuk di sampaikan
kepada masyarakat melalui media elek tronik,seorang public relations harus
mengajak awak media berwisata yang menyejukkan agar penyampaian informasi –
informasi bisa di cernah oleh media massa.peran media massa befungsi untuk
penyambung lidah ke pada masyarakat dan memperoleh keuntungan bagi perusahaan
tersebut. Sebagai bagaian dari Menejemen Perusahaan maka seorang Public Relations
harus pandai bisa menjaga hubungan baik dengan semua media dan bisa
memperkenalkan citra yang baikl kepada masyarakat.Public relations bertujuan
untuk mendapatkan penilaian serta jasa kepada masyarakat.Berusaha menjadi
sarana pembelaan diri terhadap nilai negative saat menerima serangan terhadap
pihak luar.public relations wajib untuk memperkenalkan produk barunya dan
berusaha untuk mempengaruhi masyarakat.dan dari pihak internal public relations
wajib untuk memberikan kejelasan tujuan dari setiap kebijakan tersebut agar
semua terpangil untuk turut ikut mensuksekan progam perusahaan dan visi yang
akan memakai produk yang baru.selain itu public relations juga mempunyai tugas
yang berat yaitu pengertian masyarakat,mendapat kepercayaan dari masyarakat,mendapat
dukungan dari masyarakat dan yang paling penting adalah bekerja sama dengan
masyarakat,maka dari itu seorang public relations harus pandai untuk menjaga
hubungan dengan masyarakat dan tidak mengecewakan masyarakat terutama dengan
media massa karena media massa berfungsi untuk membantu memperkenalkan produk
baru kepada masyarakat.seorang public relations harus mempunyai reputasi yang
baik agar perusahaan bisa mempercayai tugas dari public relations.dan bisa
mendapat kepercayaan dari para donatur.seorang public relations juga di tuntut
untuk mengerti tingkah laku seorang konsumen,karyawan dan media yang juga ikut
bagian dari dekripsi kerjanya.untuk meningkatkat komunikasi seorang public
relations harus membangun dan memelihara hubungan yang komparatif. seorang
Public relations tidak bisa lepas dari media massa karena public relations
menginginkan citra yang baik karena kemampuan media massa dapat mempengarui
masyarakat,bisa dikatakan bahwa pesan yang di sampaikan dalam media adalah
elemen fendumental dalam pekerjaan public relations,Media massa mempunyai
tujuan tertentu tidak bisa selamanya media massa bersahabat dengan public
relations media massa bisa menjatuhkan nama baik dari seorang public relations
maka dari itu seorang public relations harus bisa menjaga perasaan media massa
dan selalu mengasih fasilitas bagi media massa ssat berkunjung di
perusahaan,public relations dengan media massa harus mengakui bahwa media massa
dengan public relations saling bergantungan satu sama lain,dimana seorang
public relations sebagai sumber berita media massa,selain itu media massa juga
sarana yang tepat untuk menyampaikan pesan.meskipun media massa denga public
relations tidak memiliki setiap kepuasan sendiri mereka tetap menjadi suatu
ikatan dan saling bergantungan,inilah yang mendorong kinerja seorang public
relations untuk memanfaatkan seorang media massa.kegiatan dari public relations
ini agar bisa mendapatkan keuntungan dua belah pihak,dan membangun suatu
kepercayaan satu sama lain.dan tidak ada lagi seorang public relations untuk
memperalat seorang media massa dan membohongi kepada semua masyarakat,walaupun
seorang public relations harus menjaga hubungan yang harmonis kepada media
massa,tetap saja perusahaan tersebut ingin mendapatkan keuntungan
sebanyak-banyaknya dalam usaha ini terutama untuk mendapatkan publisitas
seluas-luasnya mengenai kegiatan serta langkah perusahaan yang di anggap baik
untuk di lihat masyarakat,namun kelemahanya adalah tidak semua informasi
mengenai konsep kegiatan bisa di muat oleh media massa.karena standart yang di
gunakan oleh wartawan sangat berbeda,karena seorang public relations hanya
memperkenalkan lembaga-lembaga perusahaan dan sealin itu seorang media massa
mempunyai harapan-harapan tertentu.seorang media massa mengharapkan dari seorang
public relations untuk jujur dan tidak ada yang di tutupi,seorang media massa
tidak suka nertele-tele dalam menyampaikan sesuatu.maka dari itu seorang public
relations menjalankan pendekatan kepada media yaitu menympan semua file yang
mengudang media massa untuk di publikasikan,tempatkan seorang public relations
bagi seorang media massa,mencari nilai berita yang ingin di sampaikan kepada
media massa,dan mencari orang ketiga dan mendapatkan kometar saat berita itu di
umumkan,selalu memilih berita yang relevlan dan tidak menyimpang yang
lainya.seorang public relations mengatur dan mengumpulkan progam-progam untuk
menjaga agar tetap memihak kepada perusahaan tersebut,selain itu wartawan
menyukai eksklusitas,wartawan sering mendapatkan berita yang eksklusif maka
dari itu wartawan bisa menyamar menjadi masyarakat,wartawan juga ingin menjaga
hubungan yang mesra,maka dari itu wartawan tidak mempublikasikan pribadi
seorang public relations karena wartawan bisa memilih mana berita yang baik dan
mana yang bukan berita terbaik.selain itu wartawan juga di kejar waktu,karena
wartawan harus menyerahkan ke pada editor dan laporanya agar bisa di proses
yang menunjukan bahwa garis kematian yang mengatakan bahwa bisa menurunkan
berita atau tidak mendapatkan berita sama sekali,maka dari itu seorang wartawan
harus jeli saat mewawancarai nara sumber agar tidak melakukan kesalahan
wartawan harus bertanya-tanya kepada nara sumber yang masih belum jelas,atau
meminta kejelasan.media massa akan senang jika yang menjadi pembicara adalah
seorang pimpinan karena akan banyak sekali yang di tulis oleh para wartawan
tentang perusahaan tersebut dan kerja sama dengan siapa,hobi,visi dan misi
perusahaan tersebut,maka dari itu seorang public relations harus bisa
mengajarkan bagaimana pemimpin bisa bertemu secara langsung kepada media massa
atau wartawan,agar tidak terjadi kesalahan yang di buat oleh pemimpin
tersebut.public relations juga berfungsi untuk mengatur pertemuan dengan pers
public relations harus pandai melakukan situasi yang nyaman untuk para
wartawan.public relations di tuntut untuk menyusun strategi wawancara agar
wawancara tersebut menjadi relevan dan tidak menyimpang kemana-mana.untuk
membangun reputasi yang baik public relations bersiap untuk menyediakan
materi-materi yang akurat di mana saja dan kapan saja hal itu sangat di
butuhkan,agar nara sumber bisa di percya dan akurat oleh media massa.membangun
hubungan personal yang kokoh dan positif maka dari itu di butuhkan saling
kejujuran,kerjasama dan yang paling penting saling menghormati satu sama lain.
0 comments:
Post a Comment