Pengukuran adalah suatu hal pokok
bagi disiplin perekayasaan(engineering), tidak terkecuali pada perekayasaan
perangkat lunak atau software. Jangkauan luas pengukuran pada perangkat lunak
komputer disebut metrik perangkat lunak. Tujuan diterapkannya pengukuran pada proses perangkat lunak adalah untuk
mengembangkan perangkat lunak itu sendiri dengan dasar yang kontinu. Pengukuran software dalam konteks
manajemen software difokuskan pada produktivitas dan metrik kualitas
(pengukuran output perkembangan software sebagai fungsi usaha dan waktu yang
diaplikasikan serta pengukuran “kesesuaian pemakaian” dari produk kerja yang
dihasilkan).
Pengukuran perangkat lunak dapat dibedakan menjadi dua yaitu pengukuran
langsung (direct) dan pengukuran tidak langsung (indirect) Pengukuran langsung dari produk
berkaitan dengan deretan kode, kecepatan eksekusi, ukuran memori, dan cacat
yang dilaporkan pada suatu periode tertentu. Sedangkan pengukuran tidak
langsung dari produk adalah tentang fungsionalitas, kualitas, kompleksitas,
efisiensi, realibilitas, kemampuan pemeliharaan, dan
sebagainya. Dalam kenyataannya,
pengukuran perangkat lunak secara objektif akan sulit dilakukan secara langsung
karena ada pengaruh-pengaruh seperti individu dalam tim pengukuran, atau
tingkat kompleksitas proyek. Tetapi jika pengukuran dinormalisasi, maka mungkin
akan dapat didapatkan metrik perangkat lunak yang memungkinkan perbandingan
dengan rata-rata organisasional yang lebih besar. Bila anda
ingin memahami bagaimana proses proyek perangkat lunak penulis disini
menyajikan tugas mandiri sebagai bahan ajarnya. Klik here ?????
Bersama kami agen adu ayam pisau terpercaya indonesia!
ReplyDeleteNikmati Bonus Menarik Langsung Dari Bolavita Sekarang...
Nikmati Bonus New Member 10% | Cashback Hingga 10%
Yuk Gabung Bersama Kami Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
WA: +628122222995