Tuesday, 17 September 2013



Bagi Anda yang menyukai kuliner makanan khas daerah, disini penulis menyajikan info dan mengenalkan bagi Anda tentang Makanan Khas Lampung Yang Terkenal nikmat dan menggugah selera makan anda. Dan dibawah ini penulis menyajikan beberapa makanan khas lampung tersebut.


SERUIT

Makan seruit disebut dengan istilah nyeruit. yang artinya adalah kegiatan makan yang dilakukan secara bersama-sama dengan hidangan sebagaimana tersebut di atas, yaitu sambol seruit, ikan gabus bakar, lalapan berupa ketimun, labu siam rebus, daun-daunan segar, terong lurik muda yang bulat-bulat, dengan nasi putih yang masih “ngepul” panas. waktu saya nyobain sih emang mantap gitu sih, pedes-pedes nikmat gimana gitu.
Beberapa jenis masakan khas Lampung tersebut diantaranya adalah Seruit. Biasanya masakan khas Lampung ini menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Jenis ikan yang digunakan oleh masyarakat Lampung saat mengolah masakan Seruit antara lain, ikan belide, ikan sungai, ikan baung, dan ikan layis. Lampung adalah seruit yaitu Makanan khasmasakan ikan digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga.
SAMBAL TEMPOYAK
Bahan :
•200 gram daging duren, diamkan dalam stoples selama 4 hari
•5 butir bawang merah
•2 cm kunyit
•2 cm lengkuas
•1 tangkai serai, dimemarkan
•250 gram udang, kerat punggungnya
•500 ml santan
•1/2 sendok teh garam
•1/4 sendok teh gula
Cara membuat :
•Haluskan bawang merah, kunyit, dan lengkuas lalu aduk dengan bahan lainnya
•Didihkan sampai matang dan supaya lebih terasa nikmat boleh dengan menambahkan ikan teri untuk memuaskan nafsu makan anda.
LAPIS LEGIT
Saya yakin sudah cukup banyak orang yang sudah tau lapis legit ini. Kata teman saya sih, bahan-bahan untuk membuat lapis legit adalah telur, susu, tepung terigu, gula, dan masih beberapa lagi sih yang saya lupa itu,,hhee. Rasa lapis legit ini gak usah ditanya lagi, namanya saja sudah lapis legit, pasti rasanya leeggiittt lah.. Saya sih sudah sering mencobanya, memang benar-benar legit.
Bahan : 10 btr telur 250 gr gula pasir 100 gr mentega ( dilelehkan ) 1 sdt vanili tepung terigu 1 sdm susu bubuk 3 sdm ( bs diganti susu kental manis) cara membuat : kocok mentega,gula,vanili hingga setengah mengembang,masukkan tepung terigu,susu dan mentega,aduk hingga rata.Olesi loyang dengan mentega.Tuang satu sendok sayur keloyang,oven dengan api bawah.setelah agak kecoklatan,tuang satu sendok sayur lagi,oven dengan api atas.Tunggu hingga agak kecoklatan
ENGKAK
Kue ini bahan dasarnya dominan ke telur dan mentega.Dipanggang
berlapis-lapis dengan menggunakan loyang (cetakan).
adapun cara membuat nya sebagai berikut :
Bahan:
½ kg tepung ketan putih
½ kg gula pasir
10 btr telur ayam
3 gls santan dari 3 kelapa, dimasak
1 klg susu kental manis
4 sdm mentega utk melapis
Caranya :
• Gula dan telur dikocok sampai mengembang
• Masukkan tepung ketan
• Masukkan santan sedikit demi sedikit.
• Masukkan susu kental manis
• Loyang 20×20 dioles mentega lalu alasi dengan kertas, panggang kue dengan sistim seperti lapis legit, 3 lapis pertama pakai api bawah lalu pindah api atas, kalo adonan sudah selesai balik
GULAI TABOH
Gulai Taboh adalah kuliner khas Lampung yang juga dapat diartikan sebagai gulai santan. Gulai ini biasanya berisi khattak atau kacang kacangan seperti kacang/khattak gelinyor, kacang merah/khattak ngisi, kacang panjang/khattak kejung, khattak tuwoh, rebung, kentang dan lain lain.
GABING
Gabing ialah makanan khas lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. wah pasti banyak nih para pembaca yang belum makan atau belum pernah dengar . ya batang kelapa muda tersebut di potong dengan ukuran sedang setelah itu di sayur dengan kuah santan , rasa yang di berikan oleh batang kelapa ini adalah rasa manis dan gurih apa bila di gigit, rasa yang di timbulkan ialah rasa unik dan menarik.
UMBU
Umbu ialah suatu lalapan yang asli dari lampung. lalapan ini bukan berbentuk dedaunan hijau , umbu ialah lalap yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak . mungkin tebakan kalian makanan ini rasanya mirip dengan gabing? tetapi kenyataannya makanan ini jauh berbeda dengan gabing , umbu lebih cendrung berasa pahit seperti pare , tetapi pahit umbu ini dapat membangkitkan napsu makan loh.
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment