Thursday 13 June 2013


Bagi anda mungkin masih banyak yang belumm mengetahia manfaat dari ubi jalar, selain buah, daun dari ubi jalar pun bisa untuk pengobatan loh. Dan disini penulis akan menyajikan beberapa manfaat yang terkandung dari tanaman ubi jalar, selain rasanya yang enak, ternyata ubi jalar mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Ubi jalar biasa kita temukan di warung – warung yang menjual gorengan, menggunakan minyak sebenarnya kurang bagus buat tubuh kita, jadi alangkah baiknya jika dalam penyajiannya, ubi jalar di rebus saja. Sayangnya, makanan dari ubi bukanlah jenis makanan favorit dan biasanya hanya dikenal sebagai makanan rakyat di pedesaan. Tahukah Anda, ubi jalar sangat kaya akan antioksidan. Semakin pekat warnanya, semakin banyak kandungan antioksidannya. Uji jalar mempunyai beragam warna, ada yang berwarna ungu, ,merah, kuning pucat atau putih. Warna tergantung pada jenisnya, jenis tanah, iklim serta mineral. Merah pertanda kaya Betakaroten Kita mengenal ada beberapa jenis ubi jalar. Yang paling umum adalah ubi jalar putih. Selain itu ada juga yang ungu maupun merah. Sekalipun disebut ubi jalar merah, sebenarnya warna daging buahnya adalah tidak merah, tapi kekuningan hingga jingga alias orange. Mengapa pilih yang merah ? Dibanding ubi jalar putih,tekstur ubi jalar merah memang lebih berair dan lebih lembut. Rasanya tidak semanis yang putih padahal kadar gulanya tidak berbeda. Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakaroten, ubi merah yang berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI). Makin pekat warna jingganya. makin tinggi kadar betakarotennya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh. Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli, yang menggembirakan perebusan hanya merusak 10% kadar betakaroten, sedangkan penggorengan atau pemanggangan dalam oven hanya 20%. Namun penjemuran menghilangkan hampir separuh kandungan betakaroten, sekitar 40%. Menyantap seporsi ubi jalar merah kukus /rebus sudah memenuhi anjuran kecukupan vitamin A 2100 - 3600 mkg sehari. Kandungan kimia pada ubi jalar adalah protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C, dan asam nikotinat. Makan 1 buah sedang ubi jalar merah mentah sudah memenuhi 42 % anjuran kecukupan vitamin C sehari. Dibanding dengan havermut (oatmeal), ubi jalar merah lebih kaya serat, khususnya oligosakarida. Menyantap ubi jalar merah 2 - 3 kali seminggu membantu kecukupan serat. Apabila dimakan bersama kulitnya menyumbang serat lebih banyak lagi.
Manfaat yang tersimpan pada Ubi Jalar :
1. Mencegah kanker
Warna terang seperti ungu, oranye, dan merah pada ubi jalar adalah sumber karotenoid yang berupa beta karoten dan vitamin A. Zat ini memberi perlindungan pada paru dan mencegah terjadinya kanker paru serta kanker mulut.
2. Mengontrol gula darah
Indeks glikemik yang rendah pada ubi jalar membuat kadar gula darah seseorang tidak akan naik dalam waktu cepat. Jenis karbohidrat ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan mereka yang bermasalah dengan insulin.
3. Anti aging
Ubi jalar memiliki kandungan karotenoid tinggi, yang meningkatkan kekebalan tubuh. Juga mampu melawan radikal bebas serta membuat kulit lebih sehat dan tak mudah mengalami penuaan dini.
4. Merawat elastisitas kulit
Ini adalah efek dari tingginya vitamin C, yang menghasilkan produksi kolagen dimana ia menjaga elastisitas kulit.
5. Mencegah serangan jantung
Vitamin B6 dalam ubi jalar mengurangi homosistein kimia, yang mengarah pada pencegahan serangan jantung. Kalium yang ada dalam makanan ini pun memiliki fungsi sama, juga menstabilkan tekanan darah.
6. Mengurangi stres
Kalium juga mampu menurunkan tingkat stres, dan mengurangi kram otot.
Jadi, mulai sekarang mulailah kembali akrab dengan makanan yang satu ini.
Manfaat daun ubi jalar ternyata mampu mengobati dan mencegah penyakit demam berdarah, adapun langkah-langkah mengolah daun ubi jalar sebagai obat demam berdarah adalah sebagai berikut :
1. Siapkan beberapa ikat daun ubi jalar yang masih segar, kira-kira sebesar ikatan sayur
2. Cuci bersih daun ubi jalar yang sudah kita siapkan tersebut
3. Rebus daun ubi jalar tersebut
4. Saring dan ambil airnya
5. Minum, airnya untuk pencegahan sebaiknya minum air rebusan daun ubi jalar tersebut, sebagai pengganti air minum sehari-hari.

Categories:

3 comments:

  1. Artikelnya Bermafaat Sekali. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. sama2, terimakasih juga udah mau mampir dan baca2 artikel saya.

    ReplyDelete
  3. mantap abis heee kalau buat cemiln nambah mantap apalagi kalau lagi pada kumpul makan ubi. bisa-bisa ada yang keluar tapi bau heee yang penting kan khasiat dan manfaat dari ibu yahh
    http://www.cari-alamat.com/

    ReplyDelete