Monday 17 November 2014

Kandungan Dan Manfaat Tebu Untuk Kesehatan, Tebu atau yang disebut juga dengan sugar cane adalah tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman tebu hanya bisa tumbuh di daerah beriklim tropis. Tebu sebenarnya merupakan jenis tanaman rumput-rumputan.
Tebu tidak hanya sekedar sebagai bahan baku gula atau vetsin, namun juga mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Dan hari ini penulis akan memberikan info tentang manfaat air tebu untuk kesehatan.

Kandungan Air Tebu
Tanaman penghasil gula ini ternyata tidak hanya sekedar dijadikan bahan baku gula pasir maupun vetsin saja, beberapa zat yang terkandung di dalam airnya juga bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk penyakit tertentu. Berikut ini penulis paparkan tentang beberapa kandungan utama senyawa yang ada dalam air tebu beserta manfaatnya
1.     Octacosanol
Senyawa octacosanol memiliki khasiat menurunkan kadar kolestrol dalam darah, menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh serta memberikan perlindungan terhadap oksidasi protein darah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh National Center for Scientific Research, Havana, Kuba, menyatakan bahwa senyawa sejenis alkohol rantai panjang ini mampu menekan sintesa kolesterol yang diproduksi di dalam hati.
Hal ini ditunjukkan dari adanya pengaturan enzim reduktase HMG-CoA yang membatasi laju sintesa kolesetrol. Mengonsumsi octacosanol dalam waktu jangka panjang efektif menurunkan dan mengontrol kolesterol darah tanpa efek samping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian octacosanol 10 mg per hari terbukti menunjukkan penurunan total kolesterol darah 17,5% dan LDL-kolesterol 21,8% namun tidak terjadi peningkatan pada kadar glukosa atau glikemik darah. Malah kadar HDL-kolesterol meningkat 11,3%.
2.     Saccharant - senyawa antidiabetik
Gula tebu menjadi momok bagi penderita diabetes. Pasalnya gula tersebut tidak baik bagi penderita diabetes karena kandungan glukosa dalam senyawa sukrosa tersebut mudah dipecah oleh tubuh. Sehingga adakalanya harus menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti. Akan tetapi lain halnya dengan kandungan gula dalam air tebu. Menurut dr. C.J. Soegiharjo Apt. dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, air perasan tebu memiliki efek antidiabetik. Air tebu mengandung ‘saccharant’ (bukan saccharine), suatu senyawa jenis polisakarida non-pati yang berkhasiat sebagai antidiabetik. Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa polisakarida itu pecah saat proses pemanasan menjadi disakarida yang kita kenal sebagai saccharosa (sukrosa), senyawa pencetus diabetes. Inilah yang membedakan air tebu dengan gula pasir.
3.     Asam Lemak
Kandungan asam lemak seperti asam linoleat (36,1%), asam palmitat (25,0%), asam oleat (10,2%), asam linolenat (6,9%) dan asam arachidat (7,6%) pada air tebu memiliki efek anti radang dan analgetik (obat penghilang nyeri) (Whyte dan Hengeveld, 1950). Itulah mengapa tanaman gula ini bisa dijadikan obat tradisional multifungsi. Secara tradisional, masyarakat memang sudah memanfaatkan tebu sebagai antiracun, antiseptik, pengencer dahak dan obat lambung. Bahkan ia juga dipakai untuk mengobati kanker paru-paru, beberapa tumor, dan menyembuhkan luka. Air tebu juga digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Ampas tebu dipakai untuk menutup luka dan membalut patah tulang. Di India jus tebu menjadi obat untuk tumor di bagian perut.
Manfaat Tebu Dari Segi Kesehatan
1.      Kesehatan Gigi
Di negara India, tebu dikonsumsi untuk kesehatan gusi dan gigi. Cara mengkonsumsinya adalah meminum ekstrak dari sari tebu yang ditambahkan dengan jeruk nipis dan garam. Hal ini bertujuan untuk memberikan kekuatan pada gigi dan gusi.
2.     Kesehatan Jantung
Mengkomsumsi air tebu secara teratur dapat menjaga metabolisme tubuh kita dari kekurangan cairan karena banyak kegiatan yang sudah dilakukan sehingga dapat terhindar dari stroke. Banyaknya kandungan karbohidrat dapat menambah kekuatan jantung, mata, ginjal dan otak.
3.     Pencegahan Penyakit
Air tebu dapat dimanfaatkan sebagai pencegah sakit tenggorokan dan mencegah sakit Flu karena dapat menjaga metabolisme badan kita. Tebu memiliki sifat alkali (bersifat reaktif dan termasuk zat pereduksi kuat) sehingga dapat membantu mencegah kanker payudara dan prostat.
4.     Penyembuhan Penyakit
Tebu dapat membantu dalam pengobatan penyakit kuning karena memberikan kekuatan hati yang menjadi lemah selama penyakit kuning. Tebu membantu menjaga aliran air seni dan juga membantu ginjal untuk menjalankan fungsi mereka dengan baik.
Manfaat Tebu Dari Segi Industri
1.     Bahan Pokok Pembuatan Gula
Seperti yang sudah diketahui, tebu kebanyakan dipasarkan dalam bentuk gula kristal curah. Pertama-tama bahan mentah dihancurkan dan diperas, sarinya dikumpulkan dan disaring, cairan yang terbentuk kemudian ditambahkan bahan tambahan (biasanya menggunakan kalsium oksida) untuk menghilangkan ketidakmurnian, campuran tersebut kemudian diputihkan dengan belerang dioksida. Campuran yang terbentuk kemudian dididihkan, endapan dan sampah yang mengambang kemudian dapat dipisahkan.
Setelah cukup murni, cairan didinginkan dan dikristalkan (biasanya sambil diaduk) untuk memproduksi gula yang dapat dituang ke cetakan. Sebuah mesin sentrifugal juga dapat digunakan pada proses kristalisasi. Tidak hanya gula dalam bentuk kristal, akan tetapi juga dalam bentuk gula batu. Gula batu adalah gula tebu yang tidak melalui tahap kristalisasi. Gula kotak/blok adalah gula kristal lembut yang dipres dalam bentuk dadu.
2.      Bahan Pembuat Kertas
Proses pembuatan tebu menjadi gula menghasilkan cukup banyak ampas. Dan ketika ampas tersebut dibakar, bagian dari tebu tersebut menjadi tidak berguna. Saat ini, telah ditemukan berbagai solusi pemanfaatan ampas tebu. Salah satu contohnya adalah membuat kertas dari ampas tebu. Selama ini sisa ampas batang tebu di Indonesia hanya dijadikan bahan bakar pabrik gula. Tapi sekarang ada teknologi menjadikan ampas tebu tadi sebagai bahan baku membuat kertas waterproof yang setelah tidak berguna dapat hancur melalui proses pembusukan.
Penemuan ini terjadi di Australia. Melalui proses bio-engineering, selulosa pada ampas tebu disulap menjadi kertas dan karton waterproof. Kalau sudah tidak terpakai, tidak perlu dimasukkan ke incinerator, tapi cukup dibawa ke tempat pembuangan sampah biasa nanti akan hancur dengan sendirinya dimakan bakteri. Atau sampahnya didaur ulang kembali menjadi kertas dan karton waterproof.
Sekarang karton yang dipakai perusahaan movers dilapisi dengan lilin berbasis produk minyak atau berlapis plastik sehingga karton tidak dapat didaur ulang. Les Edye dan Bill Doherty pimpinan tim mendapat penemuan itu di Cooperative Research Centre for Sugarcane Innovation through Biotechnology disingkat CRB SIIB yang bertempat di University of Queensland di St. Lucia.
Menurut Doherty, potensi biomassa tebu luar biasa untuk mendongkrak industri gula, “Apa yang sudah kita capai baru sebagian saja mengungkap kegunaan industri gula. Selama ini berapa ribu ton ampas tebu kita bakar begitu saja yang hanya menambah pencemaran udara.”
“Padahal dari ampas tebu kita dapat membuat karton waterproof yang sangat kita perlukan untuk industri packaging yang punya nilai komersial tinggi”, kata Doherty. “Di CRC kita ekstraksi selulosa dari limbah tebu, lalu melalui fermentasi kita hasilkan lignin yang adalah bahan baku pelapis waterproof untuk berbagai jenis kertas.”
“Kegiatan ini memerlukan sinergi antara perkebunan tebu – pabrik gula – pabrik kertas untuk menghasilkan karton kemasan dan kertas waterproof terbikin dari limbah bahan nabati yang sepenuhnya dapat didaur ulang serta ramah lingkungan.” (Doherty et al, 1996)
3.     Bahan Pembuat Alkohol
Tetes tebu (molase) adalah salah satu hasil samping pabrik gula tebu yang masih mempunyai nilai ekonomi yang cukup disebabkan kandungan gulanya yang tinggi sekitar 52% (Baikow, 1982) sehingga memungkinkan dijadikan bahan baku berbagai industri. Industri yang memanfaatkan tetes diantaranya adalah industri yang menghasilkan produk distilasi seperti rum, alkohol, industri fermentasi seperti monosodium glutamat, lisin, asam sitrat, vinegar, protein sel tunggal, aseton-butanol, gum xanthan dan sebagainya.
4.     Pembangkit Listrik
Kebutuhan energi di pabrik gula dapat dipenuhi oleh sebagian ampas dari gilingan akhir. Sebagai bahan bakar ketel, jumlah ampas dari stasiun gilingan adalah sekitar 30% berat tebu dengan kadar air sekitar 50%. Berdasarkan bahan kering, ampas tebu terdiri dari unsur C (karbon) 47%, H (hidrogen) 6,5%, O (oksigen) 44% dan Ash (abu) 2,5%. Menurut rumus Pritzelwitz (Hugot, 1986) tiap kilogram ampas dengan kandungan gula sekitar 2,5% akan memiliki kalor sebesar 1825 kkal. Nilai bakar tersebut akan meningkat dengan menurunnya kadar air dan gula dalam ampas.
Dengan penerapan teknologi pengeringan ampas yang memanfaatkan energi panas dari gas buang cerobong ketel, dimana kadar air ampas turun menjadi 40% akan dapat meningkatkan nilai bakar per kg ampas hingga 2305 kkal. Sehingga penggunaannya sebagai bahan bakar ketel di pabrik gula dapat meningkatkan produksi uap sekitar 10%. Dari segi pemanfaatan energi ampas secara optimal, teknologi pengeringan tersebut telah banyak diandalkan oleh banyak pabrik gula di luar negeri.
Kelebihan ampas dapat membawa masalah bagi pabrik gula, ampas bersifat bulky sehingga untuk menyimpannya perlu area luas. Ampas mudah terbakar karena di dalamnya terkandung air, gula, serat dan mikroba, sehingga bila tertumpuk akan terfermentasi dan melepaskan panas. Terjadinya kasus kebakaran ampas di beberapa pabrik gula diduga akibat proses tersebut. Beberapa pabrik gula mencoba mengatasi kelebihan ampas dengan membakarnya secara berlebihan (inefisien).
Sejalan dengan terus meningkatnya kebutuhan gula nasional, produksi tebu giling akan terus dipacu sehingga akan meningkatkan kelebihan ampas. Dengan bahan bakar dari ampas tebu, pabrik gula mempunyai peluang yang besar untuk menghasilkan tenaga listrik. Dibanding dari sumber energi listrik yang lain. Kontinuitas tenaga listrik dari ampas dapat lebih terjamin karena ampas bersifat terbaharui (renewable), dan harganya akan menjadi lebih murah. Sementara bahan bakar dari fosil seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara akan semakin langka dan mahal.
Manfaat Tebu Dari Segi Konsumsi Rumah Tangga
1.     Alternatif Biobriket
Biobriket merupakan sumber alternatif yang berupa bahan bakar padat, bahannya berasal dari biomassa, contohnya: ampas tebu, sekam padi, jerami, dll. Dengan pemanfaatan menjadi biobriket maka produk biobriket yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan energi alternatif pengganti briket batu bara diketahui berasal dari sumber alam yang tidak dapat diperbaharui, baik pada skala rumah tangga ataupun industri kecil. Dengan pemanfaatan ini, maka pemakaian bahan bakar yang selama ini dari sumber bahan bakar fosil yang bersifat tidak dapat diperbaharui dapat direduksi. Pemakaian batu bara menimbulkan masalah utama polusi yang bersifat merugikan, yaitu adanya emisi unsur belerang ke udara bebas. Permasalahan ini dapat ditekan dengan penggunaan biobriket. Ampas mudah terbakar karena di dalamnya terkandung air, gula, serat dan mikroba, sehingga bila tertumpuk akan terfermentasi dan melepaskan panas (Subroto, 2006).
2.      Penambah Rasa Dalam Makanan
Sejak lama salah satu perusahaan penghasil penyedap rasa menggunakan tebu sebagai bahan baku. Tebu diubah menjadi penyedap rasa dengan proses yang cukup panjang. Pertama-tama, tebu dimasukan ke dalam mesin penggiling untuk diperas agar mendapatkan tetes tebu. Tetes tebu kemudian disterilkan. Tetes tebu kemudian dipanaskan dan zat-zat nutrisi dimasukan kedalam tangki. Dalam tangki, proses fermentasi dilakukan dengan tujuan mendapatkan asam glutamat dari tetes tebu tersebut. Hasilnya adalah kaldu fermentasi. Setelah asam glutamat didapatkan, asam glutamat tersebut diisolasi dengan cara dikristalkan lewat pengasaman kaldu fermentasi. Proses selanjutnya, lempeng kristal glutamat dipisahkan dari kaldu fermentasi yang asam. Asam glutamat yang sudah dipisahkan, kemudian dibuat menjadi monosodium glutamat dengan cara menambahkan natrium hidroksida (food grade). Monosodium glutamat ini memiliki kelarutan dan stabilitas yang baik sebagai bumbu masak.
Kemudian, larutan monosodium glutamat dibersihkan dengan menggunakan karbon aktif. Karbon aktif berguna untuk menghilangkan zat-zat yang tidak diinginkan. Larutan monosodium glutamat kemudian dikonsentrasikan dengan pemanasan dan kristal monosodium glutamat pun terbentuk. Dan proses terakhir, kristal monosodium glutamat dikeringkan dengan cara kristal-kristal tersebut digetarkan dan dikeringkan dengan udara panas. Dan hasil akhir ini disebut dengan bumbu penyedap rasa.
Manfaat Tebu Dari Segi Pertanian Dan Peternakan
1.     Dimanfaatkan Sebagai Pakan Ternak
Ampas tebu merupakan Iimbah pabrik gula yang banyak ditemukan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sangat mengganggu apabila tidak dimanfaatkan. Saat ini belum banyak peternak menggunakan ampas tebu tersebut untuk bahan pakan ternak, hal ini karena ampas tebu mentiliki serat kasar dengan kandungan lignin sangat tinggi (19,7%) dengan kadar protein kasar rendah (2,8%). Namun limbah ini sangat potensi sebagai bahan pakan ternak. Melalui fermentasi menggunakan probiotik, kualitas dan tingkat kecernaan ampas tebu diperbaiki sehingga dapat digunakan sebagai bahan pakan.
2.     Dimanfaatkan Sebagai Pupuk Kompos
Dalam sebuah artikel yang diterbitkan Departemen Agronomi dan Hortikultura, Institut Pertanian Bogor menyebutkan bahwa kompos bagase (kompos yang dibuat dari ampas tebu) yang diaplikasikan pada tanaman tebu (Saccharum officinarum L) meningkatkan penyerapan nitrogen secara signifikan setelah tiga bulan pengaplikasian dibandingkan dengan yang tanpa kompos, namun tidak ada peningkatan yang berarti terhadap penyerapan fosfor, kalium, dan sulfur. Penggunaan kompos bagase dengan pupuk anorganik secara bersamaan tidak meningkatkan laju pertumbuhan, tinggi, dan diameter dari batang, namun diperkirakan dapat meningkatkan rendemen gula dalam tebu.
Categories:

4 comments:

  1. Manfaat Tersembunyi pohon tebu Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete
  2. Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain,
    tenang,,sekarang ada yang akan menghibur kalian sekaligus
    mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan
    mengecewakan kalian deh...

    yuk ikutan gabung bersama Pesonasaya.com
    Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,3 - 0.5% / Hari
    Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

    * Minimal deposit hanya Rp 20.000
    * Minimal tarik dana Rp 20.000
    * Dilayani oleh CS profesional dan ramah
    * 24 jam online
    * Proses Depo & WD super cepat
    * No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
    * kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24 Online Setiap hari melalui :
    * PIN BBM : 7A996166
    * WA : +85511817618

    Salam Sukses Pesonaqq.com

    ReplyDelete